Belajar Android

Cara Membersihkan Cache Pada Aplikasi Di Android

Cara Membersihkan Cache Aplikasi Android - Bagi anda yang smartphone nya sering lemot mungkin ada saatnya anda membersihkan cache pada aplikasi android, nah bicara soal cache mungkin banyak dari anda tidak mengenal, apa itu cache ? cache atau yang biasa dieja kech merupakan media penampung data sementara guna mempercepat kinerja sebuah aplikasi android ketika dibuka, dengan adanya cache kita dapat menggunakan aplikasi tertentu lebih cepat karena cache membantu cpu membaca pada aplikasi android yang sering kita buka sebelumnya.

Cache sendiri menyimpan data sementara pada aplikasi lewat memori terutama memori internal hp yang artinya semakin banyak memori yang terpakai cache maka semakin kecil ruang memori penyimpanan yang tersisa, selain itu kelebihan cache juga berdampak pada kinerja smartphone misal apabila sebuah aplikasi android menampung cache lebih dari 10mb maka aplikasi tersebut akan sedikit lemot saat dibuka, nah maka dari itulah membersihkan cache pada aplikasi android sangat penting guna mempercepat kinerja smartphone.

Cara Membersihkan Cache Di Android

Untuk membersihkan cache android anda harus melakukannya satu per satu pada aplikasi atau game, selain itu anda juga harus tahu kalau ketika cache dibersihkan maka data history pada aplikasi tersebut akan hilang, seperti akses login menjadi logout.
Cara Membersihkan Cache Aplikasi Android
Cara Membersihkan Cache Di Android

  1. Masuk ke setting atau setelan di hp android
  2. Klik bagian apl atau aplikasi
  3. Pilih aplikasi atau game yang akan kita bersihkan cache nya
  4. Klik hapus cache
  5. Selesai

Baiklah sobat, mungkin itu saja artikel pada kali ini tentang cara membersihkan cache aplikasi android, saran saya, sering-seringlah membersihkan cache aplikasi android guna meningkatkan kinerja smartphone atau tablet android anda.